8 Penjara Ini Diklaim Sebagai Penjara Paling Nyaman di Dunia


Penjara identik dengan tempat yang menyeramkan dan dihindari oleh semua orang. Penghuni penjara yang mayoritas adalah penjahat, dianggap bukan tempat ideal bagi siapa pun di dunia ini.

Tapi ternyata ada lho penjara di dunia ini yang diklaim sebagai penjara paling nyaman, bahkan dianggap sebagai tempat yang lebih baik daripada tempat lainnya.

Berikut adalah 8 PENJARA PALING NYAMAN DIDUNIA 

1. Halden Prison, Norwegia.
Perlu diketahui kalau di negara Norwegia ini banyak terdapat penjara dengan fasilitas mewah. Halden Prison menerima para napi dari seluruh dunia, dan penjara ini merupakan salah satu yang terbesar di Norwegia. Penjara ini mencakup area outdoor yang artistik dan kontemporer yang mempunyai sentuhan gaya desain Zen.

Penjara ini telah menerima banyak pujian karena kondisi dan standar hidup di dalamnya yang unik, yang memungkinkan para napi untuk berpartisipasi dalam semua jenis kegiatan olahraga. Penjara juga memiliki lab musik jika ada yang berkenan menjadi pembawa acara dalam kelompok. Terlepas dari semua hal baik tentang penjara Halden, ini adalah penjara yang dilengkapi keamanan maksimum dengan segala macam penjahat dari seluruh dunia di dalamnya. Penjara memilih menggunakan kaca pelindung, dinding baja, dan dinding beton daripada pagar listrik konvensional, menara, atau kawat berduri.


2. Bastøy Prison, Norwegia.
Lagi-lagi kita membahas tentang penjara yang ada di Norwegia. Bastøy Prison juga merupakan salah satu penjara yang paling nyaman di seluruh dunia. Penjara ini hanya berisikan sekitar 100 napi. Penjara ini menawarkan pengalaman “menginap” yang santai dan sederhana. Meskipun demikian, penjara ini juga dibekali standar keamanan maksimum yang tidak sedikitpun memberikan kemungkinan pertengkaran massal antar napi yang biasanya terjadi di penjara pada umumnya, meletus. Sebaliknya, banyak mantan napi menyebutkan bahwa tempat ini lebih seperti fasilitas kejuruan atau vokasional daripada sebuah penjara.

Tidak seperti penjara umumnya yang meletakkan para napi di balik jeruji besi, di penjara Bastøy para napi diberikan sebuah pondok milik mereka sendiri dan bahkan bisa menikmati kegiatan seperti berkuda, tenis, ski, dan memancing. Pondok yang seperti di Maldives ini ditempatkan sedemikian rupa dimana para napi bisa bersantai berjemur di bawah matahari dan bisa dibilang mereka sepertinya akan lupa kalau mereka itu napi. Sungguh nikmat sekali.


3. HMP Addiewell, Skotlandia.
Her Majesty’s Prison (HMP) Addiewell adalah sebuah penjara yang didesain untuk “pendidikan” para napinya yang berlokasi di selatan Skotlandia. Penjara ini mengalokasikan setiap napi mereka dalam pembentukan skill produktif selama 40 jam setiap minggunya. Tujuan utama dari HMP Addiewell adalah mempermudah transisi para napi itu ketika keluar dari penjara dengan dibekali skill dan manner yang baik sehingga bisa lebih berguna di masyarakat.

Di penjara ini, 700 napi yang mereka tampung dijamin berada di tangan yang tepat. Di bawah pengawasan Sodexo Justices Services, para tahanan sudah pasti akan mendapatkan kesempatan kembali ke kehidupan normal mereka dengan dibekali pandangan baru soal hidup ini.


4. JVA Fuhlsbuettel Prison, Jerman.
JVA Fuhlsbuettel Prison merupakan salah satu penjara paling tua yang ada di daftar ini, di mana dibangun pada tahun 1879. Dikenal juga sebagai Santa Fu, penjara ini dibenahi besar-besaran antara tahun 2010 dan 2011, yang mengubah penampilan dan fasilitas di dalamnya menjadi kelas dunia daripada sebelumnya.

Ruangan selnya besar, dilengkapi dengan pintu bercat seperti warna kayu sehingga membuat nuansa seperti rumah kayu di pegunungan bersalju. Para napi juga difasilitasi sofa dan pembuat kopi di dalam sel mereka, bahkan juga kamar mandi pribadi dilengkapi shower pula. Penjara ini juga mempunyai ruang konferensi dan ruang recording. Para napi juga menerima tiga sampai empat kali makan setiap harinya dengan disertai suguhan tarian di ruang konferensi. Dengan fasilitas yang begitu menggiurkan tersebut, tidak heran sedikit sekali napi yang mencoba kabur dari penjara ini.


5. Otago Corrections Facility, Selandia Baru.
Di Otago Corrections Facility, keamanan merupakan hal yang paling utama. Tetapi di samping itu, fasilitas yang tersedia memberikan para napi ruang tahanan yang sangat nyaman untuk memfokuskan pada perubahan para napi tersebut melalui pengembangan keterampilan.

Penjara ini memiliki beberapa kelas di bidang peternakan sapi perah, teknik ringan, dan juga memasak. Fasilitas penjara secara efektif berusaha untuk merehabilitasi para tahanan. Jangan heran kalau ternyata beberapa fasilitas dan teknologi yang kita punya sekarang berasal dari Otago Corrections Facility, mengingat tempat ini lebih mirip sebuah pabrik daripada sebuah penjara.


6. Justice Center Leoben, Austria.
Justice Center Leoben adalah lembaga permasyarakatan Eropa untuk para pelanggar hukum tanpa kekerasan. Penjara ini menyediakan sebuah sel tunggal yang dilengkapi dengan dapur, televisi, dan juga kamar mandi di dalamnya. Bahkan penjara ini juga memiliki sebuah gym dengan fasilitas yang lengkap, area outdoor untuk bersantai, dan juga lapangan basket. Kombinasi dari itu semua tentu saja menjadikan penjara ini begitu nyaman.


7. HMP Berwyn Prison, Inggris Raya.
HMP Berwyn berlokasi di Inggris dan disebut-sebut merupakan penjara paling nyaman di negara itu. Bagaimana tidak nyaman, para napinya saja mendapatkan telepon, laptop, dan shower di dalam selnya. Fasilitas permasyarakatan ini dapat menampung hingga 2100 narapidana yang mereka panggil dengan sebutan dengan “men” ketimbang napi. Bahkan para sipir penjaranya pun harus ketok pintu dulu kalau mengunjungi ruangan sel para napi tersebut. Laptop yang diterima para napi itu digunakan untuk memesan makanan untuk setiap minggunya, mengatur pertemuan atau jadwal jenguk, belanja mingguan, dan segala hal yang berkaitan dengan “pendidikan” mereka.

Setiap ruangan tahanan berisi 2 napi. Meskipun begitu, walau mereka mempunyai telepon dan laptop, tapi kedua benda elektronik itu sama sekali tidak terhubung dengan wifi, tentu saja untuk alasan keamanan.


8. California Prison, Amerika Serikat.
Bisa jadi, ini merupakan penjara paling mewah di Amerika Serikat. Penjara ini mulai membebankan para tahanan sebesar $155 per malam untuk menginap di penjara yang tidak digunakan. Ya, penjara ini bertempat di sebuah penjara yang dulunya tidak digunakan lagi. Cukup mahal memang, namun dengan harga segitu para napi sudah bisa menikmati fasilitas seperti televisi HD layar lebar, ditambah lagi dengan meja gaming, kamar mandi, tempat tidur, dan shower.

Penjara California dapat mengakomodasi sampai 96 tahanan, walaupun hanya memiliki 54 sel dengan fasilitas seperti di atas. Namun, ruangan ini bagaimanapun, hanya terbatas pada mereka yang dihukum karena pelanggaran ringan yang menerima persetujuan pengadilan sebelumnya.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect