5 FAKTA UNIK LAUT MATI YORDANIA


Sudah pernah mendengar Laut Mati belum? Laut yang berada di Yordania ini memang sangat menarik untuk dibahas. Keindahan alam beserta keunikan yang hanya terdapat di laut ini pun menjadi sebuah alasan kuat mengapa laut ini sering sekali dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai belahan bumi.

Yordania sendiri merupakan negara yang masuk ke dalam kawasan Timur Tengah yang berbatasan dengan Arab Saudi di bagian selatan dan timur, Suriah di bagian utara dan Israe pada bagian barat. Negara ini pun juga dikenal miskin dengan hasil tambangnya, namun dibalik itu, Yordania memiliki tempat-tempat wisata yang tidak kalah bagusnya, contohnya seperti Petra, Aqaba, Wadi Rum, Madaba dan tentunya Laut Mati.

Mengenai lokasinya sendiri, sebenarnya Laut Mati itu mengelilingi negara Palestina dan Israel sehingga kamu juga bisa mengunjungi laut ini melalui dua negara tersebut. Laut ini pun juga menyimpan beberapa fakta menarik serta sejarah yang cukup lama dan tentunya berpengaruh terhadap peradaban manusia.


5.Awal Mula Terbentuknya Laut Mati

Laut Mati yang sering sekali mendatangkan banyak pertanyaan ini pertama kali terbentuk karena adanya retakan kecil pada Sungai Yordan sekitar 3 juta tahun yang lalu. Karena retakan kecil tersebut air laut masuk dan berkumpul di tempat ini. Hasil retakan tersebut juga menghasilkan garam, kapur dan gipsu yang terdapat pada sepanjang retakan tersebut.

Pada dasarnya, Laut Mati adalah danau. Tapi karena ukurannya yang melebihi danau, yaitu dengan panjang hampir 76 km dan lebar 16 km, kategori laut pun disematkan pada tempat ini. Oleh sebab itu, kamu akan melihat kemegahan dari Laut Mati ini yang sangat luas.

4.Makhluk Hidup di Laut Mati

Ternyata setelah dilakukan beberapa kali penelitian, di dalam Laut Mati ini terdapat makhluk hidup yang mendiami kawasan perairan ini. Makhluk hidup yang menghuni Laut Mati ini ternyata berupa bakteri tertentu.

Kadar garam yang ada di Laut hitam ini menyebabkan banyak binatang yang tidak bisa berkembang biak. Kadar garam yang tinggi mencegah organisme air makroskopik seperti ikan dan tanaman air dari hidup di dalamnya, meskipun jumlahnya yang sangat kecil dari bakteri dan jamur mikroba yang hadir di Laut Mati.

3.Tempat Terendah di Dunia

Dipercaya Laut Mati juga menjadi tempat terendah di dunia dengan ketinggian kurang dari 420 meter. Karena berada di wilayah dengan iklim tropis, laut ini selalu mengalami penyurutan. Hampir tujuh ton air laut yang menguap setiap harinya akibat panas matahari dan diperkirakan pada tahun 2050, laut ini akan kering merata.

Oleh sebab itu, apabila kamu memiliki waktu luang, ada baiknya untuk mengunjungi   Laut Mati ini karena kamu hanya dapat mendapatkan fenomena alam nan unik ini hanya sebelum tahun 2050.

2.Memperbaiki Kulit

Ini merupakan salah satu kepercayaan yang memang sudah ada dari zaman dahulu. Masyarakat Yordania dan sekitarnya memang percaya kalau Laut Mati sendiri mempunyai khasiat yang dapat memperbaiki kulit. Hanya dengan mengoleskan lumpurnya ke tubuh, maka dengan cara ini dipercaya bisa memperbaiki kulit, mempelancar sirkulasi darah serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Laut Mati ini juga dipercaya menjadi tempat dimana kamu bisa memperbaiki sel-sel kulit mati yang ada di tubuh kamu serta bisa juga sebagai tempat wisata alam yang sangat indah dan menarik.

1.Kadar Garam yang Tinggi

Laut Mati memang memilki kadar garam paling tinggi di dunia. Yaitu sekitar 33,7 persen atau sekitar 8 kali lebih asin dari danau biasa, sehingga tidak ada kehidupan di dalam air. Kandungan garam yang tinggi membuat siapapun yang berenang di sini tidak akan tenggelam. Jadi biarpun kamu tidak bisa berenang, kamu akan terus terapung di Laut Mati ini.

Air asin jauh lebih padat dari air biasa dan kepadatan air asin membuatnya jauh lebih ringan dari air biasa. Dengan kadar garam yang tinggi tersebut, maka sebuah benda bisa mengapung di atasnya. Hal ini pun menjadi keunikan dari danau laut mati ini.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect