Prinsip-Prinsip Geografi


Prinsip-prinsip geografi merupakan dasar untuk menjelaskan berbagai fenomena geografi. Prinsip geografi terdiri atas 4 macam, yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi dan korologi (keruangan).

1. Prinsip persebaran, yaitu gejala atau fenomena geografi terdapat dimana-mana dan tersebar di permukaan bumi. Gejala atau fenomena geografi tersebut dapat berupa fenomena fisik atau fenomena sosial yang persebarannya tidak merata di permukaan bumi. Misalnya, keadaan sumber air tanah tidak dijumpai di semua tempat atau kemacetan lalu lintas juga tidak dijumpai di semua tempat. Oleh karena itu, untuk mengamati gejala dan fenomena yang tersebar itu diperlukan alat bantu antara lain peta.

2. Prinsip interelasi, yaitu  adanya hubungan saling keterkaitan antar gejala dalam ruang. hubungan saling keterkaitan itu dapat terjadi antar fenomena fisik, antar fenomena sosial, serta antar fenomena fisik dan sosial. Misalnya, terjadinya banjir di wilayah hilir salah satu penyebabnya adalah rusaknya hutan di wilayah hulu akibat perilaku manusia.

3. Prinsip deskripsi, yaitu penjelasan tentang adanya gejala atau fenomena geografi. Persebaran dan hubungan gejala atau fenomena geografi dapat diungkapkan antara lain dalam bentuk data, grafik dan peta. Ketiga bentuk pengungkapan fenomena tersebut akan lebih jelas apabila diberikan pemaparan atau penjelasan dengan menggunakan rangkaian kalimat.

4. Prinsip korologi, yaitu  pengkajian gejala atau fenomena geografi secara menyeluruh (komprehensif) dalam ruang tersebut (spatial). Di dalam prinsip korologi setiap gejala atau fenomena geografi dikaji dengan cara memadukan prinsip-prinsip persebaran, interelasi dan deskripsi. Hasil pengkajian melalui prinsip korologi menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan gejala, fenomena dan fakta antarwilayah. Oleh karena itu, akan memberikan corak tertentu sehingga tampak adanya kesatuan gejala, kesataun fungsi dan kesatuan bentuk.

Berbagai fenomena geosfer dapat dikaji dalam geografi melaludi 6 pertanyaan pokok,  yaitu What, Where, WhenWhy, Who dan how. Keenam pertanyaan tersebut dikenal dengan prinsip 5W 1H.

1. What untuk mengetahui peristiwa apa yang terjadi.
2. Where untuk mengetahui dimana peristiwa terjadi.
3. When untuk mengetahui kapan peristiwa terjadi.
4. Why untuk mengetahui mengapa peristiwa terjadi.
5. Who untuk mengetahui siapa yang terlibat dalam peristiwa yang terjadi.
6. How untuk mengetahui bagaimana solusi atas peristiwa yang terjadi.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect