Objek Studi Geografi


Geografi memiliki cara berpikir yang khas dan berbeda dengan ilmu pengetahuan yang lain karena geografi menekankan pembahasannya pada gejala-gejala fisik dan sosial dalam hubungan saling kebergantungan.

Objek studi geografi pada dasarnya dibedakan menjadi dua, yaitu objek studi material dan objek studi formal.

1. Objek Studi Material
Objek studi material adalah segala materi yang menjadi kajian dalam geografi. Sesuai dengan pengertian geografi maka yang menjadi objek studi material adalah segala fenomena geosfer, baik fisik maupun sosial.
- Objek studi material fisik antara lain iklim, tanah dan air.
- Objek studi material sosial antara lain persebaran  penduduk, mobilitas penduduk dan pola
pemukiman.

2. Objek Studi Formal
Objek studi formal adalah sudut pandang atau cara berpikir terhadap gejala geosfer sebagai objek material geografi, baik fisik maupun sosial. Objek studi formal inilah yang selanjutnya dapat membedakan geografi dengan ilmu-ilmu yang lain.

Sudut pandang geografi adalah ruang dan waktu. sudut pandang ini berbeda dengan sudut pandang ilmu yang lain. Contohnya, Sejarah yang menitik beratkan pada waktu (time), Antropologi pada budaya (culture), Ekonomi pada biaya (cost) dan Hukum pada norma (norm, standard). Akan tetapi, ilmu-ilmu tersebut objek materinya sama, yaitu membahas hubungan manusia dengan lingkungan hidupnya.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect