Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Pada Android Asus Zenfone


Kalau kamu punya perangkat ZenFone 2,4,5, atau 6 dengan Android Lollipop dan merasa baterai cepat habis, coba beberapa tips berikut ini. Kamu juga bisa memakainya untuk mengurangi panas atau kinerja perangkat yang terasa lambat.

1. Gunakan Auto-Start Manager untuk membuat semua aplikasi yang didownload dan pre install dalam mode DENY. Kamu tetap bisa menggunakannya kapanpun kamu butuh. Tips lebih banyak tetang bagaimana menggunakan Auto-Start Manager silahkan cek ASUS Support > ZenUI Tips > Auto Start Manager.
  • Banyak aplikasi yang memiliki layanannya sendiri dan otomatis jalan di belakang meskipun aplikasi utamanya dimatikan. Ia mengonsumsi baterai kamu dengan cepat.
  • Pada dasarnya semua aplikasi yang diunduh dan aplikasi ASUS pre install dapat diletakkan pada mode DENY. Dengan begini semua service dapat dicegah saat jalan di belakang.
  • Jika aplikasi yang dicegah dijalankan secara manual, mereka tetap menempati ruang memori. Cukup tetapkan sebagai Allow/Deny kembali untuk membebaskan ruang memori atau klik Boost dari pojok kanan atas Quick Setting untuk membebaskan memori. Dari menu kanan atas, melihat urutan berdasarkan penggunaan memori membantu menemukan kasus seperti ini.
2. Uninstall atau matikan aplikasi terunduh atau pre install yang tidak kamu inginkan.Membiarkan aplikasi tak terpakai yang kamu unduh hanya akan menghabiskan sumber daya dan dapat menyebabkan malfungsi dari fitur smartphone. Lakukan uninstall secara periodik.
  • Beberapa aplikasi Google GMS sudah ada sejak Android dipasang, tapi mereka dapat dimatikan kalau kamu tidak membutuhkannya. Tuntuk mematikan, drag icon dari App Drawer dan letakkan di bagian kiri atas/tengah untuk menonaktifkannya.
  • ASUS ZenUI juga menyertakan beberapa aplikasi termasuk yang dibuat oleh ASUS dan pengembang pihak ketiga. Mereka telah dirancang dengan seksama agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna di smartphone atau tablet ASUS. 
  • Kendati demikian, kami tetap memberikan opsi kepada kamu untuk bisa menonaktifkan atau menguninstallnya. Beberapa aplikasi ZenUI seperti Phone dan Camera tidak bisa diuninstall atau dinonaktifkan karena terhubung ke framework ZenUI.Hentikan aktifitas sinkronisasi yang tidak penting atau tidak kamu butuhkan. 
3. Ini berguna jika jaringan (Wi-Fi/3G) tidak melulu stabil dengan sinyal yang kuat. Kamu bisa melihat aktifitas tiap akun melalui Settings > Accounts satu demi satu.
  • Google punya banyak aktifitas sinkronisasi secara default dan kamu bisa menghentikannya untuk menghemat baterai. Kamu bahkan bisa menghentikan semuanya saat memakai data seluler.

  • Sinkronisasi email adalah kasus lain yang dapat mengkonsumsi lebih banyak sumber daya. Kamu bisa menghentikan atau menggunakan waktu sinkronisasi yang lebih jarang untuk menghemat baterai.
  • Proses unggah otomatis ke media simpan juga bisa jadi aktifitas yang menguras baterai. Cobalah untuk beralih ke unggahan manual.
4. Menyiapkan jadwal agar secara otomatis masuk ke mode 'Ultra Saving' dianjurkan ketika kamu berencana untuk meninggalkan perangkat saat tidur. Dalam mode ini, panggilan telepon tetap tersedia, sementara aplikasi komunikasi lain seperti Line, Facebook, obrolan (chat) akan terputus.
5. Jangan Cuma menekan tombol Back atau Home saat kamu mau menutup aplikasi, tapi pastikan untuk menghapus semua aplikasi yang telah diluncurkan. Asus ZenUI Launcher menyediakan cara mudah untuk langsung menghapus semua aplikasi berjalan dengan hanya menggunakan satu tombol.
6. Matikan Pembaruan aplikasi di Google Play untuk menghemat baterai terutama untuk penggunaan aplikasi berat. Matikan opsi ini dari Google Play> Settings> General> Auto-update apps.
7. Berikut adalah tips generik lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat daya.
  • Gunakan kecerahan layar yang lebih rendah. Aplikasi ZenUI seperti Keyboard, Email dan Pesan juga menyediakan tema gelap untuk menghemat baterai.  
  • Percepat sistem untuk masuk ke mode tidur (sleep) Caranya buka Settings > Display > Sleep untuk melihat opsi yang tersedia. 
  • Matikan opsi Scanning always available dari Settings > Wi-Fi > Advanced > Scanning always available. Ini dapat mencegah layanan lokasi Google hidup secara otomatis atau mencegah aplikasi mencari jaringan bahkan saat Wi-Fi mati. 
  • Pilih Wi-Fi di samping mobile data (3G/4G) jika kamu menemukan sinyal Wi-FI yang kuat.

Catatan: Kebanyakan tools peningkat RAM hanya bagus saat membebaskan memori dengan cara mematikan aplikasi yang tidak memiliki service di belakangnya. Mereka tidak banyak menyelesaikan masalah baterai yang boros.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
5 Oktober 2016 11.04 delete

perasaan asus tuh emg puanas bgt, tp fastt...jd klo hp cpt pnas saya rasa wajar krn menggunakan intel

Reply
avatar

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect