James Cook (Info Geo)


Pada akhir tahun 1760-an, Angkatan Laut Inggris memilih kapten James Cook untuk memimpin ekspedisi mencari benua di selatan yang pernah dibicarakan orang. Hampir semua pengamat menyebut keputusan itu sebagai keputusan yang tidak masuk akal. Angkatan Laut Inggris telah melewatkan setidaknya dua orang pelaut terkemuka dan populer untuk memilih Cook, yang saat itu relatif tidak terkenal. Namun, Cook membuktikan dirinya sebagai ahli geografi dan pembuatan peta yang sangat teliti dalam perjalanan sebelumnnya ke Newfoundland. Cook merupakan pilihan sempurna untuk ekspedisi yang setidaknya bagi Inggirs akan membuka keluasan Samudra Pasifik.

Cook melai berlayar pada tahun 1768 dengan mengunakan kapal bekas pengangkut batu bara dan menamakannya Endeavour. Di dalam waktu tiga tahun Cook dan anak buahnya telah sampai di Tahiti, Selandia Baru dan pantai timur Australia, sebelum akhirnya ia kembali ke Inggris pada tahun 1771.

Setahun kemudian sebuah kapal pengangkut bernamaResolution, Cook dan anak buahnya mulai pelayaran untuk menemukan New Hebrides, New Caledonia, Tonga dan Fiji. Perjalanan itu membuat Cook menjadi penjelajah pertama mengelilingi Antartika.

Masih dengan menggunakan kapal Resolution. Cook melakukan perlayaran ketiga dan mencapai Kepulauan Marquesas, Kepulauan Cook dan akhirnya di Hawaii. Di Hawaii inilah Cook tewas dibunuh penduduk pribumi.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect